Harajuku Chiizu

[Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

[Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by pieris_rapae on Wed Oct 29, 2008 4:50 pm

tou tou atarashii post wo kakimasu!
otanoshimi ni benkyou shite kudasai...!
cute frog

dalam bahasa Jepang terdapat banyak hal menarik untuk dipelajari karena beberapa hal tidak bisa ditemukan di bahasa Indonesia. contohnya adalah penggunaan "kore, sore, are, dore". teman-teman sudah pernah dengar tentang kata-kata itu kan? attracted

dalam bahasa Indonesia, kita menjumpai kata 'ini' dan 'itu', nah itu berarti ada dua buah kata tunjuk. sedangkan dalam bahasa Jepang ada tiga kata tunjuk. kata 'itu' dalam bahasa Jepang akan dibagi kembali menjadi dua. jadi jumlah kata tunjuk menjadi tiga. yaitu 'kore', 'sore' dan 'are'. lalu apakah 'dore' itu? 'dore' digunakan ketika dalam konteks menanyakan letak/ menunjuk sesuatu.
pusing? *eh?* kalo kamu pusing, itu wajar. jadi, mari kita lanjutkan...

kata 'kore' memiliki arti 'ini'.
sedangkan 'sore' memiliki arti 'itu', dengan maksud benda yang ditunjuk letaknya dekat dengan si lawan bicara. sedangkan 'are' memiliki arti 'itu', dengan maksud benda yang ditunjuk letaknya jauh dari si pembicara maupun jauh dari si lawan bicara..

mari lihat gambar...


nah, dari mengerti ketiga kata tunjuk tersebut, kita bisa kembangkan lagi menjadi kalimat-kalimat..

(1)
yamada : kore nani? (ini apa?)
makoto : sore ha eigo no hon da. (itu buku bahasa Inggris)

(2)
yamada : sore ha nani? (itu apa?)
makoto : kore ha nihongo no hon da yo. (ini buku bahasa Jepang)

dalam kalimat (1), yamada menanyakan tentang sebuah benda yang ada di dekatnya. sehingga yamada menggunakan 'kore' dan makoto yang menjawabnya akan menggunakan 'sore' karena benda tersebut ada di dekat lawan bicaranya yaitu dekat si yamada.

dalam kalimat (2), yamada kembali menanyakan tentang sebuah benda, yaitu benda yang ada di dekat makoto (mungkin benda yang sedang dibawa oleh makoto). sehingga yamada menanyakannya dengan menggunakan kata 'sore' dan makoto pun menggunakan 'kore' dalam menjawabnya.

sejauh ini, ini dulu penerangannya mengenai ketiga kata tunjuk ini. *udud*
apakah bisa dimengerti? ada yang kurang bisa dipahami? *eh?*
mari, dibuka sesi tanya jawabnya..
attracted

pieris_rapae
LEVEL 0

Joined : 2008-09-22
Location : Jakarta - Jogjakarta
Posts : 27
Keju : 4

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Wed Oct 29, 2008 11:31 pm

Untuk sementara bisa dimengerti *grins*
Monggo dilanjut sensei ;)

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by KyDe on Thu Oct 30, 2008 12:37 am

kore to sore to wa onaji de wa arimasen *eh?* uhmm... demo are to kore to wa taishita chigai ga arimasu *ehehe*
(kiddin *hihi* )
mo takusen!! *grins*

silahkan dlanjut sensei
saa, douzo... *flattred*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by kyoshi on Thu Oct 30, 2008 7:52 am


*manggut-manggut*
hmm.. next lesson, sensei.. silakan..

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Crypton on Thu Oct 30, 2008 10:22 am

Aku suka kebalik antara are sama kore :terharu:

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by pieris_rapae on Thu Oct 30, 2008 8:36 pm

minna sugee jan.... yoku wakatte kimashita ne.. attracted
(semuanya hebat ya.. udah bisa mengerti dengan baik..)

pieris_rapae
LEVEL 0

Joined : 2008-09-22
Location : Jakarta - Jogjakarta
Posts : 27
Keju : 4

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Jack on Sun Nov 02, 2008 6:04 pm

Selain itu dr kata tunjuk kore, sore, are, n dore msh bs d ubah lg menjadi kt tunjuk t4 yaitu koko, soko, asoko, n doko dgn pola yg hmpr sm. Beda ny cm kt benda d ganti ma t4.
Contoh:
1. Kore wa enpitsu desu (Ini pensil)
2. Koko wa kyoushitsu desu (Ini ruang kelas)

Jack
Animage

Joined : 2008-01-09
Location : North Java
Posts : 218
Keju : 496

Back to top Go down

sou desu...

Post by pieris_rapae on Thu Nov 06, 2008 3:44 pm

Jack wrote:Selain itu dr kata tunjuk kore, sore, are, n dore msh bs d ubah lg menjadi kt tunjuk t4 yaitu koko, soko, asoko, n doko dgn pola yg hmpr sm. Beda ny cm kt benda d ganti ma t4.
Contoh:
1. Kore wa enpitsu desu (Ini pensil)
2. Koko wa kyoushitsu desu (Ini ruang kelas)

sou desu.. (yup, begitu..) *ehehe*

kore, sore, are bisa berubah menjadi koko, soko, asoko.
dimana kata tanya dore (yang mana) akan berubah menjadi doko (dimana)..

contoh :
1. eigakan wa doko desuka? (bioskop ada dimana ya?)
2. eigakan ha asoko no hou ni arimasu. (bioskop ada di bagian sebelah sana)

koko, soko, asoko, doko pun bisa berubah lagi menjadi kochira, sochira, achira, dochira walaupun dengan tak mengubah arti katanya.
perubahan ini dilakukan ketika kita bermaksud men'sopan'kan kalimat kita, terutama ketika kita berbicara kepada orang yang lebih tua maupun dengan orang yang kita hormati.

contoh :
percakapan dari seorang tamu hotel yang menanyakan suatu informasi kepada roomboy hotel :

1. resutoran ha doko desuka? (dimana restoran?)
2. hai, kochira e. (di sebelah sini (tuan))

>>> sang tamu akan tetap memakai kata doko karena bagi tamu, dia tak perlu bersopan-sopan kepada roomboy tersebut. sedangkan, si roomboy akan membuat sopan kalimatnya dengan menggunakan kata kochira daripada memakai kata koko.


cute frog

pieris_rapae
LEVEL 0

Joined : 2008-09-22
Location : Jakarta - Jogjakarta
Posts : 27
Keju : 4

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Crypton on Thu Nov 06, 2008 7:23 pm

are wa eigakan desu ( bioskop ada disana ) ?

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Fri Nov 07, 2008 12:50 pm

Kalo boleh usul,dikasih soal latian sensei!
Ntar pake jawaban tiap member yg posting disembunyiin,jadi g diliat member laen yg belum jawab a.k.a posting!

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by kudo a.k.a lil on Sat Nov 08, 2008 3:32 pm

Se7 ma lee..tp ga iktan jawb ah hehehe

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Sat Nov 08, 2008 11:05 pm

RIE wrote:Se7 ma lee..tp ga iktan jawb ah hehehe
yang g jawab berarti penakut :P

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

?

Post by pieris_rapae on Sun Nov 09, 2008 8:04 pm

Babi_Dugem wrote:are wa eigakan desu ( bioskop ada disana ) ?

are ha eigakan desu : itu adalah bioskop. hulla

pieris_rapae
LEVEL 0

Joined : 2008-09-22
Location : Jakarta - Jogjakarta
Posts : 27
Keju : 4

Back to top Go down

hummmm...

Post by pieris_rapae on Sun Nov 09, 2008 8:17 pm

Lee wrote:Kalo boleh usul,dikasih soal latian sensei!
Ntar pake jawaban tiap member yg posting disembunyiin,jadi g diliat member laen yg belum jawab a.k.a posting!

boleh juga usulnya,attracted tapi gimana caranya ya? hehehehe..

tuing

pieris_rapae
LEVEL 0

Joined : 2008-09-22
Location : Jakarta - Jogjakarta
Posts : 27
Keju : 4

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Crypton on Sun Nov 09, 2008 10:56 pm

pieris_rapae wrote:
Lee wrote:Kalo boleh usul,dikasih soal latian sensei!
Ntar pake jawaban tiap member yg posting disembunyiin,jadi g diliat member laen yg belum jawab a.k.a posting!

boleh juga usulnya,attracted tapi gimana caranya ya? hehehehe..

tuing

Menurut aku sih, mending soal latihannya di bagi ke bbrp User disni...
nah nanti Jawabannya, di PM ke sensei...
biar ga bisa nyontek yg lain....

Atau setiap user kasih pertanyaan yang beda2, biar pada mikir sendiri :lol: :lol:

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Mon Nov 10, 2008 12:23 am

Babi_Dugem wrote:
Lee wrote:Kalo boleh usul,dikasih soal latian sensei!
Ntar pake jawaban tiap member yg posting disembunyiin,jadi g diliat member laen yg belum jawab a.k.a posting!

Menurut aku sih, mending soal latihannya di bagi ke bbrp User disni...
nah nanti Jawabannya, di PM ke sensei...
biar ga bisa nyontek yg lain....

Atau setiap user kasih pertanyaan yang beda2, biar pada mikir sendiri :lol: :lol:
kemaren c ane juga mikir gt bay coz lebih aman,cm takutnya nambahin ribet sensei *hihi*
Kalo cuman nyembunyiin jawaban lewat 'code' kan g berlaku bage staff *ehehe*

Ya udah sensei,gene ajah tolong kasih Pe-eR bage kami2 ini,soalnya diposting aja sedangkan jawaban dikirim via PM

ntar tiap 1bulan 1x or tiap 1pembahasan selesai tolong akumulasikan nilai terus diumumkan di tiap akhir pembahasan biar ketauan sapa juaranya
Sapa tau ada yg mau jadi sponsor buat ngasih hadiah pada sang juara *ehehe*

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by kudo a.k.a lil on Mon Nov 10, 2008 6:15 am

Oh..sp0nsor na jelas km lee :-p

Pokokna pilih solusi yg ga bikn nii-chan ribet atw ngeganggu kegiatan nii-chan aja,jd na t'serah nii-chan(bnr ga c kalo kakak cowo tuh nii-chan :-s) inti na ga ganggu semedi mu di jkt mas :-P

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Crypton on Mon Nov 10, 2008 9:21 am

kaka cowo itu bukannya nii-sama???

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Dainashi_yume on Mon Nov 10, 2008 10:00 am

Nii-chan bukanya untuk cewek *upil*

Dainashi_yume
LEVEL 3

Joined : 2008-05-30
Location : Serbia
Posts : 891
Keju : 137

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by kudo a.k.a lil on Mon Nov 10, 2008 7:21 pm

bwt cewek kykna nee-chan dweh...

kan biar lbh akrab jdna pake "chan" wkwkwkwkw.... iya gak senpai??? (tp aq bukan kohai na)

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Mon Nov 10, 2008 10:11 pm

Bentar2 yang di maksud ulil tu sapa to :mikir:

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Crypton on Mon Nov 10, 2008 10:14 pm

Lee wrote:Bentar2 yang di maksud ulil tu sapa to :mikir:
Jah ini orang kemana aja?? :lol: :lol: maksud si uliL itu si sensei pieris om her :phucool:

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by KyDe on Tue Nov 11, 2008 12:09 am

Babi_Dugem wrote:kaka cowo itu bukannya nii-sama???
onii chan fer

inget!
gak ada prbedaan yg mencolok, `chan` ma `san` artina kn sama, cman beda d'tingkatan ajah

lbh umum dpake sih `chan` bwat onii-chan n nee-chan (onee-chan) *ehehe* lbh akrab *grins*
bwat nyebutin sodara ndiri udh beda lg pnulisanna...

btw, klo nii-sama ku malah gak ngerti fer?!

sensei... bs ksih pnjelasan nih *flattred*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by kudo a.k.a lil on Tue Nov 11, 2008 5:25 pm

Lee.. Ngelindur yak *capede* sapa lg yg kupanggl nii-chan disini kalo bkn sensei pieris..

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Lee on Tue Nov 11, 2008 6:53 pm

RIE wrote:Lee.. Ngelindur yak *capede* sapa lg yg kupanggl nii-chan disini kalo bkn sensei pieris..
meneketehe lil :P *capede*

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: [Japanese] are? kore? sore? tte nani?

Post by Sponsored content Today at 7:45 am


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum