Harajuku Chiizu

filosofi pensil

View previous topic View next topic Go down

filosofi pensil

Post by rizky on Tue Oct 14, 2008 11:13 am

"Setiap orang membuat kesalahan. Itulah sebabnya, pada setiap pensil
ada penghapusnya" (Pepatah Jepang)

Kali ini saya ingin menceritakan kepada Anda sebuah kisah penuh
hikmah dari sebatang pensil. Dikisahkan, sebuah pensil akan segera
dibungkus dan dijual ke pasar. Oleh pembuatnya, pensil itu
dinasihati mengenai tugas yang akan diembannya. Maka, beberapa
wejangan pun diberikan kepada si pensil. Inilah yang dikatakan oleh
si pembuat pensil tersebut kepada pensilnya.

"Wahai pensil, tugasmu yang pertama dan utama adalah membantu orang
sehingga memudahkan mereka menulis. Kamu boleh melakukan fungsi apa
pun, tapi tugas utamamu adalah sebagai alat penulis. Kalau kamu
gagal berfungsi sebagai alat tulis. Macet, rusak, maka tugas utamamu
gagal."

"Kedua, agar dirimu bisa berfungsi dengan sempurna, kamu akan
mengalami proses penajaman. Memang meyakitkan, tapi itulah yang akan
membuat dirimu menjadi berguna dan berfungsi optimal".

"Ketiga, yang penting bukanlah yang ada di luar dirimu. Yang
penting, yang utama dan yang paling berguna adalah yang ada di dalam
dirimu. Itulah yang membuat dirimu berharga dan berguna bagi
manusia".

"Keempat, kamu tidak bisa berfungsi sendirian. Agar bisa berguna dan
bermanfaat, maka kamu harus membiarkan dirimu bekerja sama dengan
manusia yang menggunakanmu" .

"Kelima. Di saat-saat terakhir, apa yang telah engkau hasilkan
itulah yang menunjukkan seberapa hebatnya dirimu yang sesungguhnya.
Bukanlah pensil utuh yang dianggap berhasil, melainkan pensil-pensil
yang telah membantu menghasilkan karya terbaik, yang berfungsi
hingga potongan terpendek. Itulah yang sebenarnya paling mencapai
tujuanmu dibuat".

Sejak itulah, pensil-pensil itu pun masuk ke dalam kotaknya,
dibungkus, dikemas, dan dijual ke pasar bagi para manusia yang
membutuhkannya.

Pembaca, pensil-pensil ini pun mengingatkan kita mengenai tujuan dan
misi kita berada di dunia ini. Saya pun percaya bahwa bukanlah tanpa
sebab kita berada dan diciptakan ataupun dilahirkan di dunia ini.
Yang jelas, ada sebuah purpose dalam diri kita yang perlu untuk
digenapi dan diselesaikan.

Sama seperti pensil itu, begitu pulalah diri kita yang berada di
dunia ini. Apa pun profesinya, saya yakin kesadaran kita mengenai
tujuan dan panggilan hidup kita, akan membuat hidup kita menjadi
semakin bermakna.

Hilang arah

Tidak mengherankan jika Victor Frankl yang memopulerkan Logoterapi,
yang dia sendiri pernah disiksa oleh Nazi, mengemukakan "tujuan
hidup yang jelas, membuat orang punya harapan serta tidak mengakhiri
hidupnya". Itulah sebabnya, tak mengherankan jika dikatakan bahwa
salah satu penyebab terbesar dari angka bunuh diri adalah kehilangan
arah ataupun tujuan hidup. Maka, dari filosofi pensil di atas kita
belajar mengenai lima hal penting dalam kehidupan.

Pertama, hidup harus punya tujuan yang pasti. Apapun kerja, profesi
atau pun peran yang kita mainkan di dunia ini, kita harus berdaya
guna. Jika tidak, maka sia-sialah tujuan diri kita diciptakan.
Celakanya, kita lahir tanpa sebuah instruksi ataupun buku manual
yang menjelaskan untuk apakah kita hadir di dunia ini. Pencarian
akan tujuan dan panggilan kita, menjadi tema penting selama kita
hidup di dunia.

Yang jelas, kehidupan kita dimaknakan untuk menjadi berguna dan
bermanfaat serta positif bagi orang-orang di sekitar kita, minimal
untuk orang-orang terdekat. Jika tidak demikian, maka kita useless.
Tidak ada gunanya. Sama seperti sebatang pensil yang tidak bisa
dipakai menulis, maka ia tidaklah berguna sama sekali.

Kedua, akan terjadi proses penajaman sehingga kita bisa berguna
optimal, oleh karena itulah, sering terjadi kesulitan, hambatan
ataupun tantangan. Semuanya berguna dan bermanfaat sehingga kita
selalu belajar darinya untuk menjadi lebih baik. Ingat kembali soal
Lee Iacocca, salah satu eksekutif yang justru menjadi besar dan
terkenal, setelah dia didepak keluar dari mobil Ford. Pengalaman itu
justru menjadi pemacu semangat baginya untuk berhasil di Chrysler.

Ingat pula, Donald Trump yang sempat diguncang masalah finansial dan
nyaris bangkrut. Namun, kebangkrutannya itulah yang justru menjadi
pelajaran dan motivasi baginya untuk sukses lebih langgeng. Kadang
penajaman itu 'sakit'. Namun, itulah yang justru akan memberikan
kesempatan kita mengeluarkan yang terbaik.

Ketiga, bagian internal diri kitalah yang akan berperan. Saya sering
menyaksikan banyak artis, ataupun bintang film yang terkenal, justru
yang hebat bukanlah karena mereka paling cantik ataupun paling
tampan. Tetapi, kemampuan dalam diri mereka, filosofi serta semangat
merekalah yang membuat mereka menjadi luar biasa. Demikian pula pada
diri kita. Pada akhirnya, apa yang ada di dalam diri kita seperti
karakter, kemampuan, bakat, motivasi, semangat, pola pikir itulah
yang akan lebih berdampak daripada tampilan luar diri kita.

Keempat, pensil pun mengajarkan agar bisa berfungsi sempurna kita
harus belajar bekerja sama dengan orang lain. Bayangkanlah seorang
aktor atau aktris yang tidak mau diatur sutradaranya. Bayangkan
seorang anak buah yang tidak mau diatur atasannya. Ataupun seorang
service provider yang tidak mau diatur oleh pelanggannya. Mereka
semua tidak akan berfungsi sempurna. Agar berhasil, kadang kita
harus belajar dari pensil untuk 'tunduk' dan membiarkan diri kita
berubah menjadi alat yang sempurna dengan belajar dan mendengar dari
ahlinya. Itulah sebabnya, kemampuan untuk belajar bekerja sama
dengan orang lain, mendengarkan orang lain, belajar dari 'guru' yang
lebih tahu adalah sesuatu yang membuat kita menjadi lebih baik.

Terakhir, pensil pun mengajarkan kita meninggalkan warisan yang
berharga melalui karya-karya yang kita tinggalkan. Tugas kita bukan
kembali dalam kondisi utuh dan sempurna, melainkan menjadikan diri
kita berarti dan berharga. Itulah filosofi 'memberi dan melayani'
yang diajarkan oleh Tuhan kita.
Yang penting, hingga pada akhir kehidupan kita ada karya ataupun
hasil berharga yang mampu kita tinggalkan. Tentu saja tidak perlu
yang heboh dan spektakuler.

copas from sebelah


Last edited by rizkypunxxx on Wed Oct 15, 2008 9:39 am; edited 1 time in total

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Crypton on Tue Oct 14, 2008 11:36 am

Terakhir, pensil pun mengajarkan kita meninggalkan warisan yang
berharga melalui karya-karya yang kita tinggalkan. Tugas kita bukan
kembali dalam kondisi utuh dan sempurna, melainkan menjadikan diri
kita berarti dan berharga. Itulah filosofi 'memberi dan melayani'
yang diajarkan oleh Tuhan kita.
Yang penting, hingga pada akhir kehidupan kita ada karya ataupun
hasil berharga yang mampu kita tinggalkan. Tentu saja tidak perlu
yang heboh dan spektakuler.

gw demen ama nih kata2...bener banget soalnya, dari tulisan aja bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa di kenang oleh org2 terdekan di saat gw mati nanti...
tp kapan yah... *grins*

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Lee on Tue Oct 14, 2008 12:30 pm

kalo ane g suka ato lebih tepatx g setuju dg kata2 yang ini
Celakanya,kita lahir tanpa sebuah instruksi ato buku manual yang menjelaskan untuk apa kita hadir di dunia ini
tampak c penulis (entah siapa yg nulis) adl orang yg kehilangan buku manualx n bs jd belum menemukan arah n 7an idupx,itu bisa diliat dari kata2x di atas yg menyatakan g ada buku manual yg menjelaskan tentang 7an hidup (berarti termasuk dirinya)

Kita ini kan manusia yang diciptakan ALLOH maka buku manualx dari ALLOH juga yaitu AL-QUR'AN bt yg muslim (yg non-muslim adl alkitab dsb)

Nah coba diliat Q.S ADZ-DZAARIYAT ayat 56
WA MAA KHALAQTUUL JINNA WAAL INSA ILLA LIYA'BUDUUN

Artinya

Dan tidaklah AKU(ALLOH) ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah/menyembah kepadaQ


Last edited by Lee on Tue Oct 14, 2008 10:07 pm; edited 1 time in total

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Crypton on Tue Oct 14, 2008 12:50 pm

itukan hanya sebuah teori om, mnurut pemikiran ane (ane berfikir menggunakan logika) sbner'y ga ad yg tau siapa yg menciptakan manusia..
So dibuatlah teori bahwa ad yg menciptakan manusia..

Ane jg kurang stuju dgn ungkapan "manusia dilahirkan tanpa pedoman, dan untuk ap manusia hadir di bumi ini"
Pedoman manusia itu ya hati nurani, pikiran. tinggal gimana kita nyikapinya aja..

Just opini lho, jgn negative thinking.. *hihi*

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by x.X on Tue Oct 14, 2008 1:04 pm

*eh?* .....
hehehehehe....

x.X
LEVEL 1

Joined : 2008-03-16
Location : JaKartaaa..
Posts : 329
Keju : 143

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by rizky on Tue Oct 14, 2008 6:22 pm

ynk wrote:*eh?* .....
hehehehehe....
apa nya yg lucu yunk??
comment yg nyambung dunk dgn thread...
admin mode - on *capede*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Saito_aoyama on Tue Oct 14, 2008 9:32 pm

Lee wrote:kalo ane g suka ato lebih tepatx g setuju dg kata2 yang ini
Celakanya,kita lahir tanpa sebuah instruksi ato buku manual yang menjelaskan untuk apa kita hadir di dunia ini
tampak c penulis (entah siapa yg nulis) adl orang yg kehilangan buku manualx n bs jd belum menemukan arah n 7an idupx,itu bisa diliat dari kata2x di atas yg menyatakan g ada buku manual yg menjelaskan tentang 7an hidup (berarti termasuk dirinya)

Kita ini kan manusia yang diciptakan ALLOH maka buku manualx dari ALLOH juga yaitu AL-QUR'AN bt yg muslim (yg non-muslim adl alkitab dsb)

Nah coba diliat Q.S ADZ-DZAARIYAT ayat 56
WA MAA KHALAQTUUL JINNA WAAL INSA ILLA LIYA'BUDUUN

Artinya

Dan tidaklah AKU(ALLOH) jin dan manusia melainkan untuk beribadah/menyembah kepadaQ
q stju ma kang heri... :lol!: smw manusia dciptakan psti da tjuan

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by kyoshi on Tue Oct 14, 2008 9:34 pm


renungan yang bagus ;) "penajaman terkadang emang menyakitkan" yup bener banget dengan gitu kita bakal jadi 'runcing' dan 'terasah'

kiky kalo copas pake opmod, edit marginnya skalian atuh... jadi biar enak bacanya en gag kepenggal2 gitu, anyways thanks for sharing... *smiles*

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by a.L on Tue Oct 14, 2008 10:12 pm

:kaktus: punya arah idup yg jelaz..... heh??______________

pnya ci tp klo msh kabur gtu gmna yak?? *eh?*

*playon*

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by rizky on Tue Oct 14, 2008 10:30 pm

pake pc sat,tp lupa pake justify....coz,pas mau masuk kul,jd cepet2 aja

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by KyDe on Wed Oct 15, 2008 1:00 am


pelajaran ato ilmu ke'3
nah yg paling kudmenin attracted

spt slah 1 wisdom'ku ni yg 「PENAMPILAN LUAR hanyalah sbg sbuah HADIAH TAMBAHAN dr HADIAH UTAMA yg ada di DALAM'NA
pnampilan luar td」 *grins* (ribet ya... *ehehe* )

wuaah...
klo mnurut ku...
uhmm... ni versi gabungan klean brdua dah (qbay n heri) ato mungkin gak *hihi*

bahwa manusia yg lahir k'dunia ni ntu pd dasar'na udh dibekali dgn basic yg brisi arah
n tujuan
hidup mreka kelak. naah... cman pd dasar'na manusia ntu bego` gak tau gmn cara'na ngemanfaatin, ngelola, ngecer'na ato ngegunain basic'na td, gak tau gmn cara'na spy tau kmana arah
n tujuan
hidup'na td *udud*
mangkana... ma GOD dibekali dgn yg nama'na hati nurani n pikiran spy bs dpake bwat nyari n ngemahami BUKU MANUAL ato PEDOMAN/PEGANGAN/PETUNJUK (-hidup) yg ntar ngarahin mreka ngecapai arah n tujuan
hidup'na *grins*
bnyak orng yg bs d'katain gagal d'dlm hidup, ntu krna mreka2 pd belum (bukan gak) nemuin BUKU MANUAL ato PEDOMAN/PEGANGAN/PETUNJUK hidup.
hati nurani n pikiran adalah kurang etis ato mungkin gak etis jika d'jadiin pedoman hidup. ini hanyalah alat yg kita pake tuk nyari PEDOMAN td.
inget!! kita smua briman kn?! *smiles*
kita smua PERCAYA n MEMPUNYAI dasar agama kn?! *smiles*
kita smua PERCAYA sama apa yg ada dibalik agama yg kita anut td kn?!

jgn bilang gak!!
krna... sepandai2na mreka, setinggi2na hati nurani n pikiran yg mreka miliki (mungkin mreka mempunyai ilmu pngetahuan, pnafsiran, kebatinan etc. yg kuat a.k.a level expert *grins* ) slama mreka lum nemuin BUKU MANUAL ato PEDOMAN/PEGANGAN/PETUNJUK hidup td, niscaya dah mreka blum bisa d'katain orng2 yg BERHASIL d'dlm hidup.
krna mreka GAK KN PRNAH BISA ngenempatin ato ngegunain ability2 yg mreka miliki SECARA TEPAT sesuai dgn fungsi, tmpt n tujuan'na *grins*

*ehehe*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by femme on Wed Oct 15, 2008 2:46 am

rizkypunxxx wrote:"Setiap orang membuat kesalahan. Itulah sebabnya, pada setiap pensil
ada penghapusnya" (Pepatah Jepang)





Pembaca, pensil-pensil ini pun mengingatkan kita mengenai tujuan dan
misi kita berada di dunia ini. Saya pun percaya bahwa bukanlah tanpa
sebab kita berada dan diciptakan ataupun dilahirkan di dunia ini.
Yang jelas, ada sebuah purpose dalam diri kita yang perlu untuk
digenapi dan diselesaikan.

@ deky : duh dek...males bgt baca tulisanmu pnjng bgt,comment aja panjang *capede*




aq sk yg ni... ;)

femme
LEVEL 1

Joined : 2008-03-05
Posts : 187
Keju : 36

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Lee on Wed Oct 15, 2008 5:27 am

Ngequotemu ko ancur to din *capede* :P

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by KyDe on Thu Oct 16, 2008 1:52 pm


ntah her...
ntu anak pnya dendam kesumat apa ma ku tuing

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: filosofi pensil

Post by Sponsored content Today at 9:34 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum