Harajuku Chiizu

Psychology Personality

View previous topic View next topic Go down

Psychology Personality

Post by Crypton on Wed Oct 08, 2008 11:57 am

menyendiri di tempat yang sunyi
ditemani alunan musik kesukaanya
sambil membaca sebuah buku cerita
sesekali berhenti dan menatap ke sudut ruangan
memikirkan sesuatu


Yup. setelah membaca dan membaca lagi beberapa atau lebih tepatnya banyak artikel tentang psikologi, saya sekarang semakin mengerti tentang tujuan mempelajari bahasan ini. sebagian dari kalian mungkin pernah bertanya pada diri sendiri, type seperti apa sih aku ini? suatu pertanyaan yang muncul ketika menemukan suatu sikap aneh yang terjadi dalam diri, yang tidak kita mengerti mengapa kita begitu. ketika kita memperhatikan orang lain dan membandingkan pada diri sendiri lalu menemukan suatu perbedaan.

Introvertion & Extrovertion.

Pertanyaan itu muncul ketika kita melihat orang lain lebih disukai banyak orang, lebih memikat dalam sosialisasi, lebih punya banyak teman, atau bahkan lebih bisa maraih sesuatu dengan mudahnya. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?
Seorang psikiater asal Swiss, Carl G Jung mendefinisikan karakter setiap individu sebagai Introvert dan Extrovert. lalu apa maksudnya?
Introvert personality adalah suatu karakter seperti yang saya cirikan di atas, pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer. Tapi tidak semua introvert bersikap seperti itu, tidak sedikit orang introvert yang suka berkelompok dan membicarakan sesuatu dengan temannya walaupun kebanyakan hanya suka membicarakan atau melakukan hal-hal yang dianggapnya bermanfaat atas berbagai alasan. Dalam percakapan seorang introvert biasanya akan berfikir terlebih dahulu dan menyusun kata-kata sebelum mengungkapkan pendapatnya di depan publik. karena mereka lebih suka mengekspresikan pikiran-pikirannya secara internal saja sebagai sesuatu yang bersifat pribadi.
Berbeda dengan Extrovert personality yang bersifat aktif dan energik. para extrovert adalah kebalikan dari introvert, mereka tipe karakter yang lebih suka bersosialisasi dan mencari banyak teman. sering membicarakan banyak hal dan berkumpul bersama orang lain. Justru para extrovert akan merasa bosan jika ia sendiri tanpa ada seorang pun yang dapat diajaknya bicara. Tipe extrovert memiliki energi yang bersifat external dan mengekspresikan pikirannya dengan cara melakukan hal-hal yang terlihat nyata.

Karakter introvert bukan berarti karakter dengan pemikiran tertutup, memang itu disebabkan karena tipe introvert terlihat kurang expresif di dunia luar. sebagian dari para inrovert menyukai pembicaraan yang bersifat diskusi atau bahasan-bahasan yang dapat memicu pengembangan dalam pikirannya. dalam situasi seperti ini bisa saja seorang introvert bersikap lebih aktif dan expresif dibanding extrovert.
Di dunia luar mungkin para extrovert akan lebih bisa menguasai panggung dibanding para introvert, dengan karakternya yang mudah bersosialisasi mereka dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, pengajar yang menyenangkan, dan kegiatan komunikatif lainnnya.
Sedangkan karakter introvert lebih cocok dengan kegiatan yang bersifat individual seperti melukis, menulis buku, bermusik, program komputer, dan semacamnya.

The World for Introverts

Menurut data berdasarkan analisa para ahli psikologi, jumlah populasi tipe karakter introvert lebih sedikit dibanding extrovert yaitu sekitar duapuluh lima persen dari total populasi dunia. itu membuktikan karakter introvert adalah kaum minoritas, artinya makin sedikit sekali kesempatan para introvert untuk unjuk gigi di bumi yang luas ini. Seperti kita ketahui, seorang introvert lebih suka dengan kegiatan yang bersifat individual. dalam jaman serba maju seperti sekarang, teknologi menjadikan hampir setiap hal lebih mudah. Internet, adalah suatu jaringan komunikasi terbuka yang menjangkau ke setiap sudut di belahan bumi, merupakan sarana komunikasi yang paling cocok bagi para introvert. Mereka akan lebih tertarik duduk di depan komputer, menulis sebuah blog, bergabung di beberapa forum online dan berinteraksi dengan teman maya mereka dibanding keluar rumah. Dan yang lebih menyenangkan lagi bisa mendapatkan lebih banyak informasi berita dan ilmu pengetahuan yang tersebar di setiap channel di internet. karena mereka mengembangkan diri secara internal dan individual.
Dalam dunia maya para introvert bisa menekspresikan dirinya secara bebas dan terbuka, entah karena faktor apa. Mungkin kalian pernah menemui seorang teman maya yang jika di internet ia terlihat expresif dan komunikatif, tetapi ketika bertemu langsung dengan orangnya, keadaanya berbalik dengan yang kalian ketahui. ya, itulah tipe introvert, unpredictable .. ^^

Ambivert
Selain dua karakter yang disebutkan di atas, juga ada karakter lain dalam pembedaan psikologi. Ambivert, adalah tipe karakter yang memiliki keseimbangan psikologi antara introvert dan extrovert. tipe ambivert seperti karakter extrovert, suka bersosialisasi dan berkumpul dengan banyak orang dan membicarakan banyak hal. di sisi lain mereka juga suka menyendiri dan menjauh dari lingkungan, seperti tipe introvert. Biasanya tipe ini yang menjadi penghubung antara tipe extrovert dan introvert. dalam hal profesi, karakter ambivert lebih cocok sebagai seorang psikolog.

Apakah saya seorang introvert, extrovert, atau ambivert, atau tidak ketiga2-nya he2x ..

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by x.X on Wed Oct 08, 2008 1:04 pm

:mikir: hmmm..

gw extrovert x.. tapi kadang gw juga suka menghilang gtu dari peredaran temen" gw,,

truss gw ap ya,,,, *eh?*

bisa masuk katagori ambivert kali ya..... *flattred*

x.X
LEVEL 1

Joined : 2008-03-16
Location : JaKartaaa..
Posts : 329
Keju : 143

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Crypton on Wed Oct 08, 2008 1:17 pm

kalo ane ambivert... :lol:

kadang ane suka menyendiri....kadang juga ane juga suka bersosialisasi....


Last edited by babi_dugem on Wed Oct 08, 2008 1:46 pm; edited 1 time in total

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by rizky on Wed Oct 08, 2008 1:38 pm

hu uh,gw juga ambivert neh....yg kerjaan cuman pegang hp dan pc,tp kalo lg pengen ngumpul ya lupa jg tuh hp dan pc *ehehe*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by kyoshi on Wed Oct 08, 2008 2:16 pm

gw pribadi ngeliat 95% diri gw adalah seorang introvert. Hampir semua ciri yang tertulis di atas matched ama karakter gw.

Karakter introvert bukan berarti karakter dengan pemikiran tertutup, memang itu disebabkan karena tipe introvert terlihat kurang expresif di dunia luar.
yep... terkesan menutup diri dari pergaulan luar emang, dan terkesan 'kurang gaul'... but don't be fooled!

Sebagian dari para inrovert menyukai pembicaraan yang bersifat diskusi atau bahasan-bahasan yang dapat memicu pengembangan dalam pikirannya. Dalam situasi seperti ini bisa saja seorang introvert bersikap lebih aktif dan expresif dibanding extrovert.
nah gw termasuk ciri ini juga... yang kayak gini juga bisa disalahartikan.. sering dikatain ini lah, itu lah... katanya pilih2 temen, belagu, sok begini, begitu, bla bla.. padahal gag mungkin kan ngelakuin sesuatu yang gag disuka.. lagian prinsip tiap orang kan beda2 dalam begaul...

Karakter introvert lebih cocok dengan kegiatan yang bersifat individual seperti melukis, menulis buku, bermusik, program komputer, dan semacamnya.
uhm.. gw juga suka jalan2 loh :lol:

Dalam dunia maya para introvert bisa menekspresikan dirinya secara bebas dan terbuka, entah karena faktor apa.
kalo gw sih karena berasa nyaman ajah, gag ada yang ngekang n bebas mau ngapain ajah terserah gitu... lagian asik sih smua bisa didapetin di cyberworld :P

Mungkin kalian pernah menemui seorang teman maya yang jika di internet ia terlihat expresif dan komunikatif, tetapi ketika bertemu langsung dengan orangnya, keadaanya berbalik dengan yang kalian ketahui. ya, itulah tipe introvert, unpredictable..
YAY!! termasuk gw n temen2 gw yang para intro neh :P ... sampe2 temen gw pas jaman skul dulu pernah nyeletuk gini waktu chat, "Sat, aku lebih seneng kenal ama kamu di dunia maya kayak gini, ketimbang yang kukenal dulu..." toeenngg... hehe.. gag segitunya juga sbenernya sih, kalo gw pribadi pada dasarnya sama aja, di dunia cyber en real sifat gw gag ada yang beda.. sama ajah...

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by kudo a.k.a lil on Wed Oct 08, 2008 3:01 pm

Kykna aq ambivert..kadang suka rame..tp juja lebh suka menyendiri n baca..n jrng bgt keluar maen (ckakak bilng ja saia ni PEMALAS)






i'm afraid of loving s0me0ne

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Lee on Wed Oct 08, 2008 4:28 pm

Lee


A Controversial Person who is Temperamental n Upright
Has Solid experience n Solid leadership abilities


Speciality : Unpredictible

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by rizky on Wed Oct 08, 2008 6:34 pm

@lee : kayak pernah liat tuh...pasti ngambil di HT *ehehe*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Saito_aoyama on Thu Oct 09, 2008 5:05 pm

kalu aq apa yak *eh?* kdang kmat pnyakit menyendirina, kdang suka ngumpul , karna q ne tipe orang yg gmpaog bosan gt tuing

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by KyDe on Thu Oct 09, 2008 8:47 pm

dr yg kubaca n ku analisis dr artikel d'atas mah, kyak'na bner bgtz dah klo ku cenderung k'extrovert *grins*
tp, amit2 dah...
ku ntu d'kenal'na sox cool n dingin bgtz bagi orng yg gak ato lum knal ma aku. tapi, ku ntu bkal beda bgtz sikap'na ma orng yg udh kenal *grins*
baex d'real ato d'cyber *ehehe*

toh... aku ntu paling mles yg nama'na keramaian n tempat2 umum n kdaaaaaannngg bgtz suka males ktmu ma orng2, naah... ini kn k'introvert

mo kubilang ku type ambivert, kyak'na maksa bgtz - gak seimbang gtu tuing
krna 70% k'extrovert
30% k'introvert

uhmm...
mungkin k'ambivert aja kali yach *hihi*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by femme on Fri Oct 10, 2008 2:33 am

KyDe`Na-tHa wrote:
dr yg kubaca n ku analisis dr artikel d'atas mah, kyak'na bner bgtz dah klo ku cenderung k'extrovert *grins*
tp, amit2 dah...
ku ntu d'kenal'na sox cool n dingin bgtz bagi orng yg gak ato lum knal ma aku. tapi, ku ntu bkal beda bgtz sikap'na ma orng yg udh kenal *grins*
baex d'real ato d'cyber *ehehe*

toh... aku ntu paling mles yg nama'na keramaian n tempat2 umum n kdaaaaaannngg bgtz suka males ktmu ma orng2, naah... ini kn k'introvert

mo kubilang ku type ambivert, kyak'na maksa bgtz - gak seimbang gtu tuing
krna 70% k'extrovert
30% k'introvert

uhmm...
mungkin k'ambivert aja kali yach *hihi*

km NARSISVERT DEK...GAK BISA DIMUNGKIRI...CMN KM YG KYK GINI SEDUNIA *hoeks*

klo aq asli extrovert :bands:

femme
LEVEL 1

Joined : 2008-03-05
Posts : 187
Keju : 36

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by kudo a.k.a lil on Fri Oct 10, 2008 1:17 pm

Se7 ma meta ttg eyang ckakak



i'm afraid of l0ving s0me0ne

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by unknown on Fri Oct 10, 2008 3:27 pm

Baca ginian jd inged signature ny suna,,
kpribadian bkn dtemukan ato dknali,, tp dibentuk..

unknown
LEVEL 1

Joined : 2008-07-21
Location : unknown
Posts : 189
Keju : 29

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by kyoshi on Fri Oct 10, 2008 5:44 pm


ho o si min... gag perlu 'mencari' kepribadian dalam artian bertingkahlaku seperti ini ato itu supaya dianggep begini ato begitu.. toh itu smua uda kebentuk dengan sendirinya, dan bakal keliatan tanpa perlu ditunjukin gitu kan...

but bacaan dari qibay di atas tuh gw rasa bukan ngajakin buat menjadi seperti ini ato seperti itu... tapi semacam reflektor (heleuh.. apa yah istilah yang tepat) buat berkaca, kita tuh termasuk kelompok ato kategori yang mana gitu kan.. yah setidaknya kudu bisa kasi nilai ama diri sendiri lah, walopun emang bener kalo penilaian dari orang laen yang bakal kita dapet tuh beda2, tapi gimana kita bisa kasi pnilaian ke orang laen kalo ama diri sendiri aja kita kagak ngerti sama skali...
gitu my opinion yang belibetan banget...

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by KyDe on Fri Oct 10, 2008 6:42 pm

dinda wrote:
km NARSISVERT DEK...GAK BISA DIMUNGKIRI...CMN KM YG KYK GINI SEDUNIA *luvly*
salah bunda mengandung?! *udud*
apa dayaku jika ku emang KRENZ attracted

-harap sedia ember klo2 mo muntah- *hoeks*


:oops:
ouiaa...
bner tuch!!
kita gak prlu 'ngecari2'
tp, inget...
kadang perubahan karakter ntu jg prlu *grins*
jd mksud'na kita gak se'enakna 'brsikap monoton n trkesan kaku + sox acuh gak mau tau' dgn lingkungan skitar tmpt kita ngeluarin ntu sikap.
mksud'na, jgn "gue... gue ndiri!! sikap gue emang gni!! mo gmn lg?!"
yaaaa gak boleh kyak gtu *smiles*

mangkana td kubilang perubahan ntu perlu tak trkecuali dlm BERSIKAP/BERKEPRIBADIAN.

kita bukan memaksa lingkungan tuk sesuai dgn kita ato acuh thd lingkungan tetapi cenderung gmn usaha kita spy diterima ato dpt ikut mengalir dgn lingkungan td (dan ttep dgn gak ngerubah STYLE ASLI - jgn ampe trlalu terlena dgn lingkungan)

jadi...
kadang2 DALAM ARTIAN POSITIF brsikap bgini - bgitu agar kelihatan bgini - bgitu ITU PERLU!!
dgn tanda kutip BUKAN SIKAP BR'PURA2.
artina kita emang kdang2 prlu ato dituntut 'brsikap bgini agar kliatan bgini ato brsikap bgtu agar kliatan bgtu' ato bahasa krenz'na disebut PERUBAHAN.(INGET!! bukan dlm artian negatif loh - ttep cenderung ke arah yg positif!! *grins* ) spy kita bs mengikuti arus lingkungan. (TAPI BUKAN BRARTI, misal lingkungan'na ntu lingkungan tmpt brjudi n mabuk2an, trus kita ikut2an jd gitu... enggak!! salah!! pemahaman yg NEGATIF a.k.a SALAH BESAR!!)

phew...
mbulet jg kyak'na :mikir:

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Saito_aoyama on Sat Oct 11, 2008 11:28 am

mkana enjoy aja.. *ehehe*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by femme on Sun Oct 12, 2008 2:02 am

heh dek emote aq kok km rubah???

DARI *hoeks* JADI *luvly* ??

femme
LEVEL 1

Joined : 2008-03-05
Posts : 187
Keju : 36

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Crypton on Sun Oct 12, 2008 2:13 am

Kyde wrote:salah bunda mengandung?! *udud*
aku emang GAK KRENZ EN JIJAY BANGET *playon*


Ah penjelasan ente mbulet gitu....intinya aja kali... *udud*

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by KyDe on Sun Oct 12, 2008 10:14 am

Babi_Dugem wrote:
Kyde wrote:salah bunda mengandung?! *udud*
aku emang GAK KRENZ EN JIJAY BANGET *playon*


Ah penjelasan ente mbulet gitu....intinya aja kali... *udud*
haiah...
ni malah lbh parah din quote'an'na *udud*
sabar... sabar... :angel:

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by a.L on Tue Oct 14, 2008 10:26 pm

*udud* ambivert deh..... gk perlu slalu bersosialisasi tr00zzz.. skali2 mank perlu waktu 'ngilank' dari peredaran (q demen neh istilah ^^_) bwt sementara

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Saito_aoyama on Wed Oct 15, 2008 1:41 pm

ngilang kmane jenk :ngakak:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by a.L on Thu Oct 16, 2008 10:25 am

:lol: mw tw aja jenk cai ni.... ntar minta ikut lgi :siul:

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Dainashi_yume on Thu Oct 16, 2008 11:00 am

Gag mudeng ngumungin apa *flattred*

Dainashi_yume
LEVEL 3

Joined : 2008-05-30
Location : Serbia
Posts : 891
Keju : 137

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Edward on Sun Nov 02, 2008 7:03 pm

Kalo gw msh g jelas termasuk tipe yg mn. Inti ny tergantung lingkungan n mood. D kalangan tmn seangkatan, gw termasuk org yg jrg bgt ngmg. Tp d antara para tetangga, senpai2 n ma pcr gw termasuk org yg g bs diem, pst ada aja yg d omongin, goadain org, n tiap ada kegiatan yg menyangkut interaksi bnyk org pst ikt. Inti ny gw tergantung mood. Mgkn tiap tmn mig yg pernah kopdar ma gw punya versi yg berbeda2 tntg gw. Kyk lil n mimin pst kalo d tanya tntg gw versi ny jauh bertentangan. Tp kesamaanny 1, gw org yg nyebelin :P

Edward
LEVEL 0

Joined : 2008-05-10
Location : Earth
Posts : 32
Keju : -5

Back to top Go down

Re: Psychology Personality

Post by Sponsored content Today at 7:49 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum