Harajuku Chiizu

Siapa Menurut Siapa [SMS]

Page 2 of 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

View previous topic View next topic Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kyoshi on Mon Sep 29, 2008 5:01 pm


giliran uLIL neh *grins*

hehe.... seseorang yang udah lumayan cukup lama gw kenal di dunia maya... walopun cuma kenal sbatas 'tau' coz jarang banget pv sama dia.. kopdar juga baru skali.. ketemu pertama x di rum anime.. nicknya macho banget, jadi gw kira cowo :P wkwkwk... dia uda jadi 'reg' duluan di rum anime, so gw respect banget sama dy.. pas tw klo dy cewe, gw kaget aja gitu, jadi 'tertarik' buat knalan gt, hingga akhirnya berjumpa di hara... dy maniac CONAN, cinta mati sama shinichi kudo, en penggemar genk ijo.. wkwkwk
hmm.. lil orangnya gimana yah.. hmm ramah, baek, lucu kdg tingkahna wktu ngobrol d rum. trus juga 'naive' kali yah, bukan telmi sih...
hehehe.. uda sgini aja dulu ah..

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Saito_aoyama on Mon Sep 29, 2008 10:37 pm

walah ktemu sat *capede* , apa yak *eh?*
pkokna hmpir sma ma dx, q kira bocah tuing
skrang yg jlek yak :siul: pendiem abis, ju2r aje, q gak bgtu ska ma na pendiem, karna brtolak blakang ma sifat q *udud* cpet naek pitam (karna dlu sering q godain ce na sat, q lupa nama nick ce na, karna q seneng liat orang yg sensian :lol!: )tp q gak pke nick sai, rahasia yo sat, biar lu penasaran *hihi*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by KyDe on Mon Sep 29, 2008 11:28 pm

sato rizuki wrote:

hehe.. dek.. kenal cornico, sandra_lim, hellgirl02, girl_lenz, hana_maru, ritsu_aki n kagome_cute gak? mereka tuh generasi awal regular di hara.. dari bulan juli gw ajak mereka pindah dari rum laen ke rum hara. dan sampe beberapa minggu hara tuh kosong melompong, yang ada cuma anak2 tadi.. gw masi inget banget, yang paling berkesan pas ultah gw ke-18 yang prtama x gw rayain di mig sama para 'regs' ntu (pas tgl 15 ags 2007). rum masi gag banyak brubah... akhir agustus baru lumayan rame, dan para 'regs' itu uda jarang2 banget online -kcuali sandra n corny- coz uda mulai ada serangan kicker dari maldives (eskobaa)

hehe... klo ntu smua mah knal lah sat.
jd inget... wktu ngebkin pasukn ma mreka pd wktu ngelawan gerombolan champ + eskobaa :P, dgn si jagung yg nge'komandoin pd awal2 *grins*
wedew...
jd k'inget masa lalu dah meweek
tp, anehna... wktu ntu ku gak ada knal kmu ato tau nikmuw?
brti kmu sbnrna jg warga hara lama yach? *grins*

sai_shikyu a.k.a agus *luvly*
phew...
ketemu ni bocah *capede*
apa yach..,
bosen ku kopdar trus tiap hari ma ni anak :P
hwehehe... *luvly*

yg jelas, ni anak baex, enak d'ajak ngubrul n bcanda, mau d'ajak2 bwat nemenin, bukan type2 pemarah, n 1 yg paling kudmenin ni anak bs d'andelin (dlm hal finansial :P )
aurana'na cenderung gak mo kalah ma auraku, scara emang auraku ntu lbh krenz attracted
ya izalah scara leader'na 3o rider :weee:
hwehehehe...

tmn2...
mohon maaf aje yee klo ada kata2 yg gak d'mengerti, gak usah dpaksain tuk ngerti krna emang gak prlu tuk d'mengerti *hihi*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by unknown on Tue Sep 30, 2008 4:19 am

deky yak.. Hmm.. Ksan ptama si orgny baek, ramah beud, rame. Aq lupa ptama dy tau aq d porum wap kykny trus dy yg nyapa aq d mig. Sampe akhrny dy nlpon aq:-S dy anak hara ptma yg aq dgr suarany, dan sumpe.. Dy co ptma yg qkenal yg crewed abiz ampe2 aq yg ce ini ampe klh ngcipris.. Ampe aq yg tediam tehenyak mdngar kcrewetany,, cm bs maem nasgor (ntu ptma kali aq g sopan nelpn disambi maem, dan parahny ntu ndaky g nyadar) Narsis narsis narsis ntu deki bgd dah. Crewed. Supel. Gmpng beg Baek. Aktip. Gmpang bgaul n bw diri. Pinter jg, wawasanny luas. Yg plg q iri si dy bs english. Ap lg yah.. Sgtu dl aj da..

unknown
LEVEL 1

Joined : 2008-07-21
Location : unknown
Posts : 189
Keju : 29

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kudo a.k.a lil on Tue Sep 30, 2008 9:57 am

hm...mimin cintah..apa ya...
pertama kenal mimin n ampe sebulan kemudian, aq masih nyangka kalo mimin tuh angga. *capede* ampe sebulan aq tetep ngira kalo min tuh angga hhehehe, ampe suatu hari kita teleconference n barulah aq percaya bahwa dy cew n anak hara yang baru gabung. trus mimin tuh baeeee bgt.. n dewasa menurutq, tp kadang dy suka moody... puitis bgt...trus... pokokna baik bgt dah...


i'm afraid of loving someone

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Saito_aoyama on Tue Sep 30, 2008 11:10 am

KyDe wrote:

sai_shikyu a.k.a agus[/color] *luvly*
phew...
ketemu ni bocah *capede*
apa yach..,
bosen ku kopdar trus tiap hari ma ni anak :P
hwehehe... *luvly*

yg jelas, ni anak baex, enak d'ajak ngubrul n bcanda, mau d'ajak2 bwat nemenin, bukan type2 pemarah, n 1 yg paling kudmenin ni anak bs d'andelin (dlm hal finansial :P )
aurana'na cenderung gak mo kalah ma auraku, scara emang auraku ntu lbh krenz attracted
ya izalah scara leader'na 3o rider :weee:
hwehehehe...

tmn2...
mohon maaf aje yee klo ada kata2 yg gak d'mengerti, gak usah dpaksain tuk ngerti krna emang gak prlu tuk d'mengerti *hihi*
q ndiri ja dah bsen kupdar ma lu mulu dx, msak tiap hari brantem trus n hasilna pun aq yg sering ngalah dri 3 trio rider zg imoet n krenz abis.. *udud*
skrang jenk lil ne... :eh? Pda jaman dahulu wktu knal jenk lil, q kira ne anak bwaan na serius mulu n gak bsa diajak brcanda, soalna nanyana serius mulu seh, tp tlah sering ngrom breng trnyata bsa brcanda jga ntu anak , n menurut q orang na simpel, gak neko2, baek, tp kdang lemod ne orang :weee: , n piling q jga mengatakan ne anak tipe2 orang yg gak sabaran, tp ada yg sifat jenk lil yg mirip kyak aq, yaitu sma2 pelupa *ehehe*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kyoshi on Tue Sep 30, 2008 12:57 pm


kang agus *grins*
gw gag begitu deket sama 'dedengkot' trio rider ini :P ktemu paling juga di rum dulu waktu dy masi aktif online.. yang gw liat slama ini, orangnya 'cool', gag neko2 n bersahaja, hehe ini pandangan gw pribadi loh.. agak2 nyrempet 'sarap' juga kalo uda ngepost OOT, ya kayak kiky gt lah.. hahaha.. jadi klop kalo mereka dikarantina se-rum, wkwk.. hmm overall dy baek n friendly d mata gw.. tough juga kya na.. hehe i luph u dah kang agus :P

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Lee on Tue Sep 30, 2008 1:15 pm

Akhirx tiba giliran ngomenin kyoset *grins*
Seperti yang udah d blg ni anak pinter n mayan bijaksana dlm ambil tindakan ;)
Bahkan terkesan dewasa sebelum waktux :lol: :P

silent is gold or tenang tp menghanyutkan emang kyoset banget tapi tidak untuk urusan cewek :P
Silentx kyo di depan cewek tu karna emang minder,binun mau gmana,nerves dsb :ngakak: tp sekarang dah mendingan kayax

Kyo juga bisa dipercaya cm kadang dy tu sukar nyembunyiin sesuatu :P
Jadi kalo ni anak lge nyembunyiin sesuatu rahasia terus Xan interogasi bentar maka akan ketauan tu dy nyembunyiin rhs n jika lebih sabar dikiiit aja dlm nginterogasi maka akan ketauan apa yg dy sembunyiin (tp g smua hal lho)

Itu dl dah ;) sbenere msh byk yg pgn ane komenin tp ntar ajah ah,mau sholat dl *grins*

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by x.X on Tue Sep 30, 2008 2:07 pm

ahaha :lol: koment bwt om lele y.. :lol:
om ntu...
baik.. pndengar yg ckp baik.. Ok jg bwt debat.. Bijaksana.. y so far so gud lah bwt om yg 1 ini.. ;)

x.X
LEVEL 1

Joined : 2008-03-16
Location : JaKartaaa..
Posts : 329
Keju : 143

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kyoshi on Tue Sep 30, 2008 2:18 pm

hehe.. kbanyakan komen dari tmen2 pada bilang gw 'pendiem' :P bner banget emang, dari kecil gw tuh hemat banget kalo bicara, alias ngomong sperlunya, (hal ini yang bikin gw terkesan angkuh n sombong T.T) kecuali kalo pas lagi bner2 pengen 'bersuara' gw bakal ngoceh aja.. trutama sama tmen2 dket gw.. hmm smenjak knal chat, gw sedikit banyak uda mulai ada peningkatan frekuensi dalam berkmunikasi, apalagi sejak ada forum, uda mulai mau banyak 'bersuara' gtu (wlopun sbatas tulisan, itupun kalo pas lagi pengen n ada niat gw bkal ngepost panjang2 n agak 'weird') :P

soal urusan cewe, ehm sperti yang dkata lee (byk bnernya juga) yg gw rasain dlu itu lebih kayak acuh tak acuh n cuek aja gitu sm cewe (dulu).. pas SMA aja cuma ada 2 orang tmen deket gw yang cewe.. jadi terkesan gw 'malay' brhubungan sama mahluk Tuhan paling sexy ntu.. hmm di mig aja (yg ktnya bisa gmpang dpetin cewe) stelah 1thn, gw baru 1X ngungkapin prasaan ke cewe yang bener2 bikin gw tertarik sangad >.< .. itupun gw bner2 dilematis, maklum golongan darah B cenderung teliti n berhati2 ngambil kputusan (kbanyakan mikir2 gmpanganya). ehm smenjak ada bbrapa temen cewe yang sering berhubungan sma gw, mulailah gw merubah sikap.. yang tadinya ketus banget (maap bagi yang pernah gw ketusin) sekarang uda mulai bersikap friendly n brani 'ngegodain' :P

eits.. jangan salah lee.. gw quote kata2 "sukar nyembunyiin sesuatu", hmm bner yang kmu omongin ini"tapi g smua hal lho" gw lumayan trustable juga kuq *smiles*

sifat pualing juelek yang gw benci dari diri gw sendiri itu pemalas.. hadoh sampe2 guru sma pernah kasi saran buat ngubah tanda tangan gw.. huff... eh kok gw malah ngomenin diri sendiri :shock: kebiasaan buruk gw neh yang suka seenaknya! trus juga gag mau nurut/dkekang (leo gitu loh) n moody (shio hebi).. wew bneran gw reflek asal nulis aja ni :P sori stroberi dah...

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kyoshi on Tue Sep 30, 2008 2:29 pm


IYUNK *grins* *grins*
hehehehe
di mata gw dy cewe hara yang loyal banget!! coz sampe dari dulu sekarang masi betah bertahan ngerum.. tiap ngerum pasti ketemu iyunk *grins* iyunk tuh ramah banget, baek, cheerful, gak sombong samse, dan lucu juga dalam berekspresi (suka pasang n gbungin emot yang aneh2 :P ) hmm.. knal prtama x di hara, tapi sbelumnya uda sering liat di rum japanese.. hehe segini dulu buat iyunk *grins*

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Crypton on Tue Sep 30, 2008 4:09 pm

perasaan setaip mu posting ketemunya bang sat terus..... *eh?*

Hmm...apa lg ya tentang kyophat ini??? kalo gw liat dari postingannya di atas sih kayaknya emang bener dia tuh pemales, masa minta Lgunya J-rocks aja ke gw, kan di google banyak...

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kyoshi on Tue Sep 30, 2008 6:22 pm


wahahaha bay :ngakak:
iya bner dah :P males ngebrowse gw :P kalo kirim lewat email kan tinggal comot geto.. wkwkwk.. dasar pemales yah gw.. :jedug:

soal e-bay eh qibay.. menurut gw dia tuh rame anaknya.. wawasan juga lumayan luas si, apalagi soal tekno, kayaknya dia gape banget gitu.. kenal qibay baru2 aja sih.. dan kesan pas pertama kenal emang gw uda 'seneng' sama ni anak.. bisa ngramein forum n gag pelit bagi2 ilmu.. overall, qbay orangnya asik banget dah.. *grins*

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by KyDe on Tue Sep 30, 2008 8:39 pm


walah...
si sat maning *capede*
uhmm...
ku dulu smpet pnasaran ma ni bocah (sama benyso jg *grins* ), pngen tau wujud aselina kyak gmn? *hihi*
tp, stelah pic kopdar... ku jd tau the true form'na si sat *luvly*
(tinggal si beny ni yg ku msih pnasaran *udud* )

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Crypton on Tue Sep 30, 2008 8:46 pm

Ah kalo wujud asli si deky sih gw udah tau...cufu... *hihi*

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by KyDe on Tue Sep 30, 2008 9:11 pm


cufu ?
hadeh... tuing
pdhl aura k'krenz'anna menyeruak gni :pirate: (narsiz mode ON)

gak pa2 dah, yg pnting msih brwujud
hwehehehe... :P

qbay ku cman tau pic'na yg udh d edit aja, lgean mlz atuh mo nge'buka2 album d fs *grins*
so... gak bs komen, scara ku ntu emang gak bs (ato mungkin gak suka kale yach) ngomenin tuing
slama gak ada 'wujud' k anime'na :weee:

hu' uh, klo mnurutku si qbay ni pinter n ngerti dlm tekno (sama 3 orng lg mnurutku, si rizky, sat, ma pedo *grins* )
ku mah gak bs, pdhl d'home jawa sana ada lepti tp gak pnya minat sama skale tuk blajar :weee: (cman dpake bwat sgala sesuatu yg brhubungan ma anime n jpan attracted )
hmm...
gak tw lg dah mo komen pa lg ma ni anak
binun... :mikir:
lum bnyak 'masa' PDKT'an ma ni anak *luvly*

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kudo a.k.a lil on Tue Sep 30, 2008 9:24 pm

Asyik...ketemu eyang narsis... *hihi*

pertama kenal ryu..ya di hara, dikenalin kuru kalo gak salah. dari pertama kenal ni anak rame bgt. udah klop jadi pasangan berantemq.. makana aq sering nyebut dy 'musuh terbaikq' nak hara yg selalu ku pv atau gc setiap ol. pokokna udah wajib kykna kalo pv dy. palagi wktu dy jadian ma temen deketq c prava.

gak diragukan lagi. eyang itu narsis abis...tapi kadang royal. (kalo dy kasih puls va,pasti aq juja dibagi wkwkwkw) pokokna salah satu org yg kenal aq bgt di hara. cerewet bgt udah jelas. aq ngumung 3 kata, dy bakal blz 30 kata...


i'm afraid of loving someone

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kudo a.k.a lil on Tue Sep 30, 2008 9:29 pm

sato rizuki wrote:

giliran uLIL neh *grins*

hehe.... seseorang yang udah lumayan cukup lama gw kenal di dunia maya... walopun cuma kenal sbatas 'tau' coz jarang banget pv sama dia.. kopdar juga baru skali.. ketemu pertama x di rum anime.. nicknya macho banget, jadi gw kira cowo :P wkwkwk... dia uda jadi 'reg' duluan di rum anime, so gw respect banget sama dy.. pas tw klo dy cewe, gw kaget aja gitu, jadi 'tertarik' buat knalan gt, hingga akhirnya berjumpa di hara... dy maniac CONAN, cinta mati sama shinichi kudo, en penggemar genk ijo.. wkwkwk
hmm.. lil orangnya gimana yah.. hmm ramah, baek, lucu kdg tingkahna wktu ngobrol d rum. trus juga 'naive' kali yah, bukan telmi sih...
hehehe.. uda sgini aja dulu ah..

wkwkwkw mang na macho bgt yak?? padahal nick pertamaq di anime knight_girls lho!!! trus maksud na naive tuh gmna?? :scratch:



i'm afraid of loving someone

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Crypton on Tue Sep 30, 2008 9:30 pm

Hmmm...klo lil nih org nya yg gw tau....hmm..sensian...gampang ngambek nya klo kesinggung dikit...
dia pernah marah ma gw seX, gara2 gag gw pinjemin buku mini seri ttg quidditch..
gyahahahahahaha..ngambek na lama beud...
trus mnurut pengamatan gw slama gw knal sama lil neh, hmm..cheerful, care ma tmn, baeq..klo lg crita2 tuh asik bgt... Laughing

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kudo a.k.a lil on Tue Sep 30, 2008 9:41 pm

ckakakak..qbay...gw gak gampang ngambek kok...dulu itu kykna gw cuma pura2 bis na lo pelit c...tanya mia..gw cuma bs ngambek ke dy..

hm qbay tuh temen SMP kuwh...ga terlalu deket c...dikenalin ma sahabatku,krn wktu ntu cuma dy yg puna Harpot. jadi aq SKSD aja ma dy hehehehe...berhubung cuma kenal masa SMP yg kutau tentang qbay, dulu dy pendiem (atau jngn2 cuma ma aq ja pendiem na???) baik (coz minjemin aku Harpot hehehe) asyik diajak ngubrul ternyata


i'm afraid of loving someone

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Crypton on Tue Sep 30, 2008 9:48 pm

Little_knight wrote:ckakakak..qbay...gw gak gampang ngambek kok...dulu itu kykna gw cuma pura2 bis na lo pelit c...tanya mia..gw cuma bs ngambek ke dy..

Yang kemaren sih,,,gara2 ga ngucapin met ultah... pig dance

Little_knight wrote:dikenalin ma sahabatku,krn wktu ntu cuma dy yg puna Harpot. jadi aq SKSD aja ma dy hehehehe...
ohhh....gw ngerti...jadi ada mau nya...

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by kudo a.k.a lil on Tue Sep 30, 2008 10:03 pm

haduh ketauan juja akhirna *flattred* hehehehe boong dink...gw kan kenal lo krn mia bilang lo nak nya asik...

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Saito_aoyama on Tue Sep 30, 2008 10:28 pm

hadeh :kaktus: mlah ngegosip neh 2 orang yg aneh... *capede*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Crypton on Wed Oct 01, 2008 2:23 am

Sai_shikyu wrote:hadeh :kaktus: mlah ngegosip neh 2 orang yg aneh... *capede*

iya dong secara gt kita org2 imud... :lol: emg om sai sirik aj ngliad org ngegosip... =P (kok jd OOT)

Hmm..comment bwt om sai apa lg yah...
aku lum knal jelas seh, kyknya om sai nih orgnya slalu ragu2 dlm memilih..ada bukti nya kok..Lil saksi mata...
CMIIW :evil:

Crypton
Technost

Joined : 2008-09-11
Location : indonesia underground
Posts : 982
Keju : 466

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by a.L on Wed Oct 01, 2008 4:21 am

*eh?* qbay... penuh dgn tanda tanya.....

*please* qbay katakan sapa dirimuw.....

*hihi* qbay... q blon sama sekali tw soal dy. cuma kenal liwadh post2 na diforum :S tp bdasarkan pengamatan q nyang terbatas krn dipengaruhi faktor 'lemod sangadh' keq na anaknya rame.... cerdas c0z bnyak info nyang bisa dishare dsni ma dy...

tuing btw... ni thread cepadh juja yak.. q mpe kaget liadh dah 4 pages gni. yUagh... hajar tr00zzzz *hihi*

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: Siapa Menurut Siapa [SMS]

Post by Sponsored content Today at 6:56 pm


Sponsored content


Back to top Go down

Page 2 of 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum