Harajuku Chiizu

j-food

View previous topic View next topic Go down

j-food

Post by Lee on Sat Aug 23, 2008 1:04 pm

Sukiyaki, “Kebersamaan dan Patah Hati


It’s all because of you, I’m feeling sad and blue ….” sebait intro dari lagu 4 PM (For Positive Music), group acapela asal Amrik, berjudul Sukiyaki, yah lagunya begitu lembut, ringan tapi sangat berkesan mendalam, lagu ini merupakan translasi dari lagu Jepang yang cukup jadul, tetapi lumayan kondang juga di jamannya, kalo baca judul lagu ini mungkin kita akan tahu bahwa Sukiyaki adalah nama sebuah makanan asal jepang, apa sebenarnya Sukiyaki itu, sampai - sampai dibikin sebuah lagu, sampai ke Amrik lagi, let’s ceck it out.
Apa sih?
Sukiyaki adalah jenis masakan Jepang dimana isinya kira-kira irisan tipis daging sapi, ditambah sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus, sekilas tampangnya gak begitu beda dengan gaya penyajian masakan Jepang rebus pada umumnya. Sukiyaki memiliki cara makan yang rada unik yaitu dimakan dengan mencelupkan irisan daging ke dalam kocokan telur ayam yang telah disediakan tempat khusus berupa cawan kecil, mmm rada amis mungkin ya?

Buat pecinta sayuran
Sayur-sayuran untuk Sukiyaki cukup beragam dan pasti bikin berselera mereka yang gemar makan sayur, misalnya bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake, dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu, membuat Sukiyaki menjadi makanan yang cukup dinamis so kebayang kan resep ini bisa digilai mereka yang mang doyan banget sayuran alami.

Asal muasal
Pada awal 1900an Sukiyaki mulai dikenal masyarakat di Jepang, walau kini kebanyakan berbasis bahan utama daging sapi, tetapi dikala itu Sukiyaki dibuat dengan daging ikan, maklum di Jepang ikan sangat digandrungi, tetapi pada era Meiji 5 (1872) sudah mulai digantikan dengan bahan daging sapi. Pada perkembangannya masakan penuh cita rasa ini memiliki dua cara penyajian dan bumbu berbeda yaitu versi daerah Kansai dan Sukiyaki versi daerah Kanto.
Menurut Sukiyaki versi Kansai, Sukiyaki hanya dimasak dengan bumbu kecap asin dan gula pasir, sedangkan Sukiyaki versi Kanto dimasak menggunakan saus Warishita yang merupakan campuran dashi, kecap asin, gula pasir, dan mirin yang dimasak terlebih dulu.
Menurut cara Kanto semua bumbu dicampur saat dimasak, tetapi kalau dari cara Kansai semua bumbu dicampur ketika saat mau dimakan, tetapi pada perkembangannya Sukiyaki Kansai lebih banyak peminatnya dan lalu menjadi standart penyajian Sukiyaki. Di Indonesia sendiri Sukiyaki mudah didapat di restoran Jepang pada umumnya terutama di restoran yang traditional bukan cepat saji.

Sukiyaki today
Sukiyaki biasa dimasak di meja saji didepan mata kita, so jangan deket-deket kalo gak mau kecipratan air panas atau minyak, biasa dimakan bareng-bareng dari satu porsi biar lebih akrab, maklum di Jepun sono Sukiyaki adalah sajian ketika kumpul-kumpul gitu deh. Sangatlah cocok untuk pesta karena sifatnya yang dimasak di meja saji maka kamu gak perlu bolak balik ke dapur, bahkan bisa dimakan sambil masak, nah kebayang kan asiknya?
Dalam bersukiyaki kita butuh kualitas daging yang jempolan karena kan menentukan rasa, juga irisan daging yang makin tipis makin oke, di Jepang sono ada jenis daging yang terbaik buat Sukiyaki yaitu jenis Shimofuri, dimana memiliki lemak yang lembut dan lezat tetapi harga sangat mahal.
Nah buat kamu-kamu yang lagi hepi dan mau merayakan bareng temen-temen, coba deh hidangkan Sukiyaki, nuansa kehangatan dan kebersamaan akan sangat terasa, tetapi bagi kamu yang lagi patah hati sebaiknya dengerin deh Sukiyakinya 4PM, bisa bikin kamu tambah melow tapi asyik(ane c blum pernah dengerin Sukiyakinya 4PM :P )

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: j-food

Post by rizky on Sat Aug 23, 2008 2:10 pm

wew makanan jepang...jd ingt dl makan d hoka2 bento tp cmn sekali..coz ga selera dgn lidah q.. *ehehe*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: j-food

Post by benyso on Sun Aug 24, 2008 5:45 am

Waw pengen nyoba masakan jepun tapi ga ada restoran jepun d sini.

benyso
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : Hammer city,indonesia
Posts : 1388
Keju : 430

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Saito_aoyama on Tue Aug 26, 2008 5:49 pm

kang lee resep na dtulis jga dnk... attracted aq kn mw bikin sukiyaki bkinan q ndiri ne.. *ehehe*
kan aq age blajar memasak *ehehe*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Lee on Tue Aug 26, 2008 11:27 pm

Lhah :ndomblong: ane ae g tau resepx gus :??:

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: j-food

Post by KyDe on Tue Aug 26, 2008 11:39 pm

sukiyaki ntu rasana kyak pa yach ?! :mikir:
cman prnah ngerasain sushi doankz, ntupun... wew rasana rada2 gmn gtu (mangkana gak mo ngecoba yg laen)

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: j-food

Post by kudo a.k.a lil on Sun Aug 31, 2008 8:04 pm

haduh..walopun aku penggemar jepun..tapi sumpeh dweh...gak doyan makanan nya *capede* masih mending makanan indonesia...
waktu kmrn makan shabu-shabu ma temen2 asyik seh cara makannya seru bgt..tapi rasanya itu lho...hambar bgt (yaiyalah..secara cuma direbus doang gak pake bumbu...
bulan depan mw nagih yakiniku ke temenku *hihi*
mie ramen lumayan c....tapi banyak bawangna...
yang asyik dari j-food malah cemilanya... kayak takoyaki ma dorayaki..yummy buanget...

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: j-food

Post by a.L on Sun Aug 31, 2008 8:43 pm

:S aku blon prnah nyoba mkan j-food gtu. klo hokben seh udh prnah **hakh.. mank sama :-#:**

tuing makanan jawa aja msh rada susah maemnya, palgi makanan luar.

*capede* klo rasanya kyq yg dicritain lil, hew... bayangin nyicip aja gk berani dah aku tuing

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: j-food

Post by benyso on Mon Sep 01, 2008 6:59 am

Hambar dan gak enak

benyso
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : Hammer city,indonesia
Posts : 1388
Keju : 430

Back to top Go down

Re: j-food

Post by kudo a.k.a lil on Mon Sep 01, 2008 4:33 pm

hu um ben..hambar dan gake enak...tapi sehat bgt kayakna...gak pake bumbu atau pengawet gitu dweh...

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: j-food

Post by rizky on Mon Sep 01, 2008 7:04 pm

ga liat tulisan q diatas...
aq,mama q,ayah q n adik q makan d hokben...gw lupa th nama makanan na...eh..dsuruh maem pake sumpit..yg bsa make cmn gw n mama q(mama q sering makan makanan chinese..wong suami tante q chinese,jd tante q sering beli/bikin makanan chinese)...ayah n adik gw pinjem sendok...
pas nyampe rmh..ayah q malah sakit perut coz ga cocok dgn perut na...ampe sekarang ayah q paling anti makan d hokben ma d pizza hut...tp kalo makan masakan padang ma lalapan..beuh..jago na *ehehe* tp klo gw sh apa aja q makan selama msh halal...secara aq kn pny lidah asia+eropa+amerika.. *hihi*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Saito_aoyama on Tue Sep 02, 2008 4:47 am

wew lidah buas bnget :ngakak: , kyak kucing q ja, apa ja dmakan, asal halal *hihi*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: j-food

Post by kudo a.k.a lil on Thu Sep 04, 2008 1:06 pm

hadu.. aku neh suka pilih-pilih makanan... :bajaklaut:

kudo a.k.a lil
LEVEL 3

Joined : 2008-01-11
Posts : 726
Keju : 179

Back to top Go down

Re: j-food

Post by a.L on Thu Sep 04, 2008 5:08 pm

he eh lil.... :merem: milih2 makanan msh kebawa ampe sekrang. pdhal dulu (tgolong parah kbiasaanya) sempat dimarahin cuz slalu jajan and paz giliran mkan drmah gk mw mkan krn sring pilih2... :kaktus: pa2 ku protes ktanya klo milih2 makanan, masak sndiri aja nu.... :ndomblong: hakh.. pa2 ku mank tw aja klemahan ku yg rada2 (sngaja pake rada2, biar gk tlalu ngejatuhin image sndiri :lol!*smiles* minus klo soal masak. :kaktus: jd gk bsa ngumung upu2. :lol!: akirnya.. klo udh dimeja makan yuah makan aja pa yg disajikan. tuing tp skrng, lgi d jawa ttap aja milih, udh 3 taonan blon tbiasa juga. *capede* prnah mnum jamu (disruh tanteku nyoba) tp malah muntah... duLzET amit. jdi gk enak ma buk'nya yg jual dead

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: j-food

Post by unknown on Thu Sep 04, 2008 5:20 pm

dl aq jg bgtu.. tp itu smua brbah sjk pegi mrantau.. dasar nasib anak kost.. smua mua disikiad:-Pv

unknown
LEVEL 1

Joined : 2008-07-21
Location : unknown
Posts : 189
Keju : 29

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Saito_aoyama on Fri Sep 05, 2008 1:54 am

cwakakakaka... :ai gak bsa msak ne trnyata..
Klah ma 3o rider yg imoet dah... :lol!: kta ja sering masak ndri :siul: bhkan prnah bkin msakan ala 3o rider yg paleng imoet, rasa na pun enyak enyak *ehehe* n alhasil dberi nama yg unik jga *hihi*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: j-food

Post by a.L on Fri Sep 05, 2008 3:50 pm

:-#: jiah... gk sah pake ngakak napa cai.

*upil* ku ni bisa msak owk. cuma :noterror: gk mw sombonk aja attracted

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: j-food

Post by rizky on Sat Sep 06, 2008 4:04 pm

aq aja bsa masak...
masak air tapi... *ehehe*

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Saito_aoyama on Sun Sep 07, 2008 6:56 am

Karl-El wrote::-#: jiah... gk sah pake ngakak napa cai.

*upil* ku ni bisa msak owk. cuma :noterror: gk mw sombonk aja attracted
nyang bener neh.. :siul:
*hihi*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: j-food

Post by a.L on Sun Sep 07, 2008 10:08 am

:siul: yakh ealah.... gk pcaya bngetz ma k'ahlian ku ni... fhu fhu fhu :evil:

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: j-food

Post by rizky on Sun Sep 07, 2008 2:14 pm

buktinya mana bu...

rizky
Technost

Joined : 2008-01-10
Posts : 1850
Keju : 419

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Saito_aoyama on Mon Sep 08, 2008 5:00 am

Karl-El wrote::siul: yakh ealah.... gk pcaya bngetz ma k'ahlian ku ni... fhu fhu fhu :evil:
bkan na gak prcya jenk :siul: ,tp prlu dcurigai ne *hihi*

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: j-food

Post by a.L on Thu Sep 11, 2008 9:31 am

:-#: knapa dicurigai he?? ku jadi tak mengerti sangadh...

:P y udh ky. klo pngen bukti. dateng aja k s0lo3.. biar tak masakin aer rebus paporitmu

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: j-food

Post by Sponsored content Today at 9:31 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum