Harajuku Chiizu

Kiyomizudera

View previous topic View next topic Go down

Kiyomizudera

Post by kyoshi on Sun Apr 27, 2008 2:58 pm




Kiyomizudera ("Pure Water Temple") is one of the most celebrated temples of Japan. It was founded in 780 and remains associated with the Hosso sect, one of the oldest sects within Japanese Buddhism. In 1994, the temple was added to the list of UNESCO world heritage sites.

Kiyomizudera stands in the wooded hills of eastern Kyoto and offers visitors a nice view over the city from its famous wooden terrace. Below the terrace, you can taste the spring water, which gives the temple its name and which is said to have healing power.

Behind Kyomizudera's main hall stands Jishu Shrine, a shrine dedicated to the deity of love. In front of the shrine are two rocks, placed several meters apart from each other. Successfully walking from one to the other rock with your eyes closed is said to bring luck in your love live.



Part of the fun of visiting Kiyomizudera is the approach to the temple along the steep and busy lanes of the atmospheric Higashiyama district. Except early in the morning, do not expect a tranquil, spiritual atmosphere.

The many shops, restaurants and ryokan in the area have been catering to tourists and pilgrims for centuries. Products on sale range from local specialties such as Kiyomizu-yaki pottery, sweets and pickles to the standard set of souvenirs.




kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by benyso on Mon Apr 28, 2008 6:12 am

Wow,thats wonderful place.

benyso
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : Hammer city,indonesia
Posts : 1388
Keju : 430

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by kyoshi on Mon Apr 28, 2008 1:04 pm


hu uh, penen beud bisa liburan ke sana..
luar biasa deh keindahan alamnya.. :x

Kuil Kiyomizudera merupakan sebuah komplek kuil Buddha yang terkenal banget. Letaknya di sebelah tenggara kota Kyoto. Kuil ini merupakan salah satu situs pusaka dunia (World Heritage Sites) yang ditetapin PBB.

Ada beberapa hal yang bikin Kiyomizudera menjadi objek wisata wajib bagi para turis lokal maupun manca yang mampir ke kota Kyoto. Salah satunya adalah lokasinya yang unik. Untuk mencapai komplek kuil ini, kita harus jalan melewati jalan batu yang nanjak sepanjang beberapa ratus meter. Namun ga usah kuatir bakal ngerasa jenuh or lelah, coz di sepanjang jalan itu kita bisa belanja atau sekedar liat-liat berbagai pernik tradisional Jepun. Kayak makanan (kue, es serut, etc), hiasan, en benda-benda tradisional laennya. Semua toko kecil ini berderet sepanjang jalan itu en kadang diselingi rumah penduduk, jadi nampak unik gitu. Ada juga beberapa kuil kecil di sepanjang jalan ini.

Dari bawah kita udah bisa ngeliat ujung pagoda 5 lantai, seolah jadi penuntun jalan kita menuju komplek Kiyomizudera. Setelah lewat pagoda ini, kita masih harus jalan naek lagi, trus lewat deretan anak tangga batu. Setelah itu barulah kita sampe di gerbang utama Kiyomizudera yang berdiri megah berwarna merah.

Yang paling terkenal dari kuil utama ini yaitu bagian pelataran belakangnya yang terbuka menghadap ke arah kota kyoto. Dengan ditopang oleh ratusan tiang, pelataran ini "tergantung" ke arah lembah yang curam. Di bawah lembah ini merupakan hutan kecil yang rimbun ditumbuhi pepohonan.

Pada masa Edo, ada kepercayaan bahwa kalo seseorang yang udah putus asa mengharapkan sesuatu, lalu ia kemudian mutusin buat loncat dari pelataran ini ke arah lembah yang curam itu, harapannya akan terkabul kalo ia bisa selamat setelah nglakuin aksi terjun bebas itu... Mitos ini banyak terbukti kebenarannya, maka hingga masa Edo, udah tercatat ada 234 orang yang nglakuin aksi terjun bebas ini. Dari smua, 85.4% diantaranya bisa selamat! Mungkin ini karena orang-orang Jepang pada masa itu ga punya postur badan yang terlalu besar, sehingga badan para pelaku aksi terjun bebas ini masih bisa nyangkut di dahan-dahan pepohonan yang berada belasan meter di bawah pelataran ini. Karena itu sebagian besar dari mereka masih bisa selamat. Namun ga tercatat berapa persen dari mereka yang selamat ini berhasil mencapai harapan yang mereka dambakan. Yang jelas, setelah masa Edo, aksi ini dilarang keras untuk dilakukan lagi.

Bagian lain yang menarik dari komplek kuil ini yaitu keberadaan 3 kucuran air Otawa no taki. Tiap pengunjung boleh mencoba minum salah satu dari ke-3 kucuran air tersebut. Dipercaya bahwa dengan minum air ini kita bakal diberkati dengan kesehatan, umur panjang, ataupun kepandaian (tergantung kucuran air mana yang kita minum. Sebenernya, ke-3 kucuran ini berasal dari mata air yang sama. Jadi kita emang cukup minum salah satunya aja.

Kiyomizudera pun banyak dikunjungi oleh remaja dan kaum muda Jepang. Karena di komplek ini ada kuil Shinto yang bernama Jishujinja yang dibangun untuk menghormati dewa Okuninushi (dewa perjodohan dan pengobatan). Dengan menyusuri tangga batu, kita bisa mencapai kuil ini. Di sini terdapat patung Okuninushi dengan kelinci berwarna emas. Ada juga tempat buat berdoa mohon keberuntungan dalam hal asmara, mengambil kertas ramalan, atau membeli omamori yang sudah diberkati. Omamori ini hanya berkhasiat selama 1 tahun. Kalo udah kadaluarsa, maka harus dikembalikan ke kuil ini untuk diganti dengan yang baru.

banyak banget deh keunikan-keunikan laen yang menarik...
kapan ya bisa kesana :oops:

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Lee on Mon Apr 28, 2008 5:18 pm

Ente ngejelasinx udah kaya pernah k sana aja set :P

Lee
Administrator

Joined : 2008-01-14
Location : Indonesia
Posts : 1549
Keju : 465

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by KyDe on Mon Apr 28, 2008 7:06 pm

uhmm...
stelah ngebca pnjelasan yg sebgtu pnjangna...
ntu tmpt kq kyakna prnah jdi slah satu setting tmpat d slah satu anime dech :mikir:
tp, apa yach?! meitantei conan ato get backers yach?! :??:
ku yg pling inget ntu ma `tnjakan` n `toko2 yg brderet` yg dcritain tsb *grins*
but, bner dech... cool bgtz ntu tmpt *grins* (kyakna :lol!: , tp gak dink!! bner2 krenz dech *grins* )

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Saito_aoyama on Tue Apr 29, 2008 5:16 am

mang d jpan da yg dagangan es serut yak kyo :kaktus:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by kyoshi on Tue Apr 29, 2008 5:54 am

hwakakz... mimpi gw yang bercerita lee... :P
hehe.. gw cuma ngrangkum dari sumber yang uda pernah ngunjungin tempat itu... :read:
otomatis pake sudut pandang orang pertama dunkz :P

hu uh dek, tempat ni sering dijadiin setting pada cerita2 anime maupun dorama. *grins*

walah sai *grins* pengen ngrasain es serut jepun pa?
gw juga mau dunkz ;)

kyoshi
FOUNDER

Joined : 2008-01-09
Posts : 1010
Keju : 597

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by KyDe on Tue Apr 29, 2008 4:48 pm

naah... iya kn!!
prnah jd salah satu setting tmpat *grins*
pntzan kq pnggambaranna kyakna ku prnah tw gtu, hehehe... :ngakak:

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by a.L on Fri May 02, 2008 6:22 pm



*grins* ekh.. kyolan. e
english text na diedit yak ....... yg indonesia lebih lengkap critanya :P

:x seneng ama history things. *grins* jd pengen k sana

;) palagi temple na yg udh luaama banget pst keyen banget dah pluz pmandangannya.... huw, jdi iri klo soal sejarah ma negara japan sno yg msh terawat dgn baek ;)

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Saito_aoyama on Sun May 11, 2008 8:29 pm

jd pngen brlbur k jpan skalian bli es serut na
:ngakak:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by KyDe on Tue May 13, 2008 4:49 pm

kalo ku sich pngen k jpanna ntu., pngen bgtz minta tnda tangan seiyuu-na kenshin *grins* , suzukaze mayo :x
ato kalo bisa mah, photo bareng gtu, hwehehe... :P (tp, dia skrang udh pzti agak tuwa'an dech, yup... !! gak pa2 lah :lol!: )

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Saito_aoyama on Tue May 13, 2008 7:32 pm

pa g tkut ma lu dex....
Lu kn serem orang na.... :lol:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by KyDe on Wed May 14, 2008 7:42 am

Sai_shikyu wrote:
pa g tkut ma lu dex....
Lu kn serem orang na.... :lol:
sereman u kalee, mana gak da imutzna blaz :P
pake ngaku imutz2 sgala` :ngakak:
na... na... nana... na... :siul:

malah yg kutakutkan nich yach kalo prgi ksno, malah diminta`in tnda tangan pula` :kaktus:

KyDe
Moderator

Joined : 2008-01-10
Location : hElL Of LiGhT
Posts : 1732
Keju : 403

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Saito_aoyama on Sat May 17, 2008 4:14 am

kyde wrote:
Sai_shikyu wrote:
pa g tkut ma lu dex....
Lu kn serem orang na.... :lol:
sereman u kalee, mana gak da imutzna blaz :P
pake ngaku imutz2 sgala` :ngakak:
na... na... nana... na... :siul:

malah yg kutakutkan nich yach kalo prgi ksno, malah diminta`in tnda tangan pula` :kaktus:
ngimpi kalee......
:weee:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by a.L on Sat May 17, 2008 9:09 am

:??: truz hubungannna ma Kiyomizudera nthu uapa....

:ngakak: heii... 3o rider. ngpost na jgn asal ah.. ntar sepeda roda 3 na ilang loh :ngakak:

a.L
LEVEL 5

Joined : 2008-02-01
Location : Central Java
Posts : 1561
Keju : 154

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Saito_aoyama on Mon May 19, 2008 6:25 am

sepeda roda 3 :kaktus:
jngan2 ai yg mw nyuri :ngakak:

Saito_aoyama
LEVEL 5

Joined : 2008-01-13
Posts : 1516
Keju : 126

Back to top Go down

Re: Kiyomizudera

Post by Sponsored content Today at 4:12 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum